Alperklinas
Alperklinas
berita

Alperklinas Indonesia Hadiri Undangan ASEAN Consumen Conference di Thailand

Alperklinas Indonesia Hadiri Undangan ASEAN Consumen Conference di Thailand

Alperklinas.Org, Bangokok -Ketua Umum Alperklinas (Aliansi Lembaga Perlindungan Listrik Nasional), KRT Tohom Purba, menghadiri undangan ASEANConsumen Conferenceyang diadakan pada tanggal 28-30 Agustus 2024 di Amari Hotel Airport, Don Mueng, Bangkok, Thailand.

Acara ini diinisiasi oleh tiga organisasi konsumen ASEAN yang bekerja sama dengan tiga lembaga, yaitu TCC Thailand, FOMCA Malaysia, dan YLKI Indonesia, dengan fokus pada isu Ekonomi Digital dan Kecerdasan Buatan.

Forum ini merupakan wadah bagi negara-negara anggota ASEAN untuk membahas berbagai isu terkait perlindungan konsumen dan menyoroti kekhawatiran yang semakin meningkat di antara organisasi konsumen di ASEAN mengenai eskalasi cepat ancaman siber.

Melalui forum tersebut, Tohom Purba menilai pentingnya kerjasama regional dalam memastikan hak-hak konsumen dilindungi secara efektif di seluruh kawasan Asia Tenggara. Ia juga menekankan peran Alperklinas dalam mendorong standar keselamatan dan keandalan listrik yang tinggi, serta pentingnya regulasi yang berpihak pada konsumen.

"Keikutsertaan Alperklinas dalam forum ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat jaringan perlindungan konsumen di tingkat regional. Kami berharap dapat belajar dari pengalaman negara-negara lain dan berbagi praktik terbaik yang sudah kami terapkan di Indonesia," ujar Tohom Purba.

"Kami juga berharap Alperklinas dapat menyelenggarkan acara seperti ini di Indonesia, saya juga sudah meminta dukungan dari teman teman forum perlindungan konsumen ASEAN, demi mencapai tujuan menciptakan konsumen Indonesia yang cerdas, karena salah satu indikator negara maju adalah konsumen cerdas," sambung Tohom.

Ket foto: KRT Tohom Purba, Ketum Alperklinas (kedua dari kiri), saat hadir menjadi salah satu peserta perwakilan lembaga perlindungan konsumen dalam acara ASEAN Consumen Conference yang diadakan pada tanggal 28-30 Agustus 2024 di Amari Hotel Airport, Don Mueng, Bangkok, Thailand. [WahanaNews.co/Tohom Purba]

Alperklinas berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam berbagai forum internasional guna memperjuangkan kepentingan konsumen listrik di Indonesia dan memastikan bahwa standar perlindungan konsumen terus ditingkatkan.

Forum ini dihadiri oleh perwakilan dari 11 negara yang ada di ASEAN, antara lain:
1. Thailand : TCC
2. Malaysia : FOMKA
3. Indonesia : YLKI
ALPERKLINAS
YCI Jogyakarta
4. Kamboja : CIRD
5. Singapura. : CASE
6. Korea : CK
7. Hongkong : HCC
8. Philippina : LABAN KONSYUMER INC
9. Myanmar : MCV
10. Laos : SAEDA
11. Vietnam : VICOPRO

Diskusi yang diadakan mencakup berbagai topik seperti keamanan produk, penegakan hak konsumen, dan inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen di wilayah ASEAN.

Ancaman siber ini telah menyebabkan kerugian yang signifikan, sementara pendidikan konsumen dan undang-undang yang ada kesulitan mengimbangi tindakan para pelaku kejahatan siber, yang menimbulkan ancaman serius bagi ekonomi dan kehidupan masyarakat.

Data menunjukkan bahwa Vietnam mengalami kerugian besar pada tahun 2023, dengan kerugian yang mencapai 3,6% dari PDB-nya. Konsumen di Hong Kong kehilangan setidaknya USD 25 juta, dan di Thailand, warga kehilangan sekitar THB 78 juta setiap hari dari dompet atau rekening bank mereka.

Sebagai tanggapan, organisasi konsumen ASEAN bersatu untuk menandatangani MOU, memperkuat kerja sama dalam menghadapi ancaman online dan melindungi hak-hak konsumen di seluruh wilayah.

[Andri Frestana Simorangkir]

Kunjungi:https://wahananews.co/internasional/alperklinas-indonesia-hadiri-undangan-asean-consumen-conference-di-thailand-P87vixwRR9

Bagikan di:

Alperklinas Latest News

Berita Terkini